Berbelanja dengan Gembira

Candide : Petualangan Sarkastik Voltaire

Oleh: ,

Rp 77.000 Rp 65.450

Roman ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Candide yang, seperti karakter utama dua novel Voltaire yang lain, Zadig dan L’Ingenu, amat jujur, baik, hati, dan lugu.

Candide : Petualangan Sarkastik Voltaire – Roman ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Candide. Seperti karakter utama dua novel Voltaire yang lain, Zadig dan L’Ingenu, amat jujur, baik, hati, dan lugu. Dan seperti mereka pula, keutamaan Canidide tidak membuatnya terhindar dari berbagai macam musibah. Di permukaan sebuah dongeng yang menggelikan, klasik abad ke-18 ini sebenarnya adalah buas dan satir pada optimisme filosofis yang menyatakan bahwa semua bencana dan penderitaan manusia adalah bagian dari rencana kosmik yang penuh kebaikan.

Penderitaannya dimulai ketika ia, laksana Adam yang harus meninggalkan Taman Eden, diusir dari istana baton Thunder-ten-tronckh. Di mana disana Cunegonde, gadis yang dicintainya, tinggal. Selanjutnya, Candide harus mengalami kesialan demi kesialan dalam petualangan lintas benuanya. Tentu saja demi bersatu kembali dengan Cunegonde. Meski novel ini hakekatnya adalah satir–paragraf pertamanya saja sudah sarkastik. Novel ini juga dipandang sebagai cerita coming-of-age yang menceritakan pertumbuhan karakter utamanya, dalam hal ini secara filosofis.

Tokoh utama Candide adalah seorang pria lembut yang, meskipun dilempari dan ditampar ke segala arah oleh takdir, ia tetap berpegang teguh pada keyakinan. Ia percaya bahwa ia hidup di tempat “yang terbaik dari semua dunia yang mungkin.”

François-Marie Arouet (lahir 21 November 1694 – meninggal 30 Mei 1778 pada umur 83 tahun). Dia lebih dikenal dengan nama penanya Voltaire. Seorang penulis dan filsuf Perancis pada Era Pencerahan. Voltaire dikenal tulisan filsafatnya yang tajam.  Dukungan terhadap hak-hak manusia dan kebebasan sipil, termasuk kebebasan beragama dan hak mendapatkan pengadilan yang patut (Inggris: fair trial). Ia adalah pendukung vokal terhadap reformasi sosial walaupun Perancis saat itu menerapkan aturan sensor ketat dan ancaman hukuman yang keras bagi pelanggarnya. Ia sering menggunakan karyanya untuk mengkritik dogma gereja dan institusi Perancis pada saat itu.

Berat0.4 kg
Dimensi12 x 18 cm
Desain Sampul

ISBN

978-602-72536-9-8

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

xi + 262

Penerbit

Penerjemah

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Candide : Petualangan Sarkastik Voltaire”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.