Berbelanja dengan Gembira

Elemen-Elemen Semiologi

Oleh:

Rp 58.000 Rp 53.000

Dalam karyanya, Ferdinand de Saussure mendalilkan eksistensi ilmu tanda atau semiologi yang luas cakupannya, di mana linguistik hanyalah salah satu cabangnya. Dari posisi di mana Saussure berhenti, buku yang Anda pegang ini melanjutkan apa yang sudah diawali oleh Saussure. Berkebalikan dengan pendapat yang diutarakan Saussure, Barthes dalam buku ini menawarkan pandangan yang menyatakan bahwa semiologi hanyalah cabang dari linguistik. Dari akar konsep-konsep analitis linguistik inilah Barthes dengan cerdas berhasil menyarikan elemen-elemen semiologi dan menyulamnya menjadi format yang lebih strukturalis dan sinkronik.

Stok habis

Elemen-Elemen Semilogi – Dalam karyanya, Ferdinand de Saussure mendalilkan eksistensi ilmu tanda atau semiologi yang luas cakupannya, di mana linguistik hanyalah salah satu cabangnya. Dari posisi di mana Saussure berhenti, buku yang Anda pegang ini melanjutkan apa yang sudah diawali oleh Saussure. Berkebalikan dengan pendapat yang diutarakan Saussure, Barthes dalam buku ini menawarkan pandangan yang menyatakan bahwa semiologi hanyalah cabang dari linguistik. Dari akar konsep-konsep analitis linguistik inilah Barthes dengan cerdas berhasil menyarikan elemen-elemen semiologi dan menyulamnya menjadi format yang lebih strukturalis dan sinkronik.

Elemen-elemen yang Barthes tampilkan dalam buku ini, meski agak longgar dan relatif kurang patuh pada model linguistik secara ketat, ditujukan untuk mengusulkan dan menjelaskan suatu terminologi dengan harapan bisa menyusun suatu fondasi awal dari begitu beragamnya fakta yang serba penting tentang semiologi. Dan seperti halnya semua teori kritis murni, buku ini benar-benar padat dan ringkas.

Sebagai naskah awal tentang semiologi yang ditulis saat kajian ini mulai dibangun, buku ini akan memberi para pembacanya fondasi semiologis yang solid untuk membangun pengetahuan tentang strukturalisme, linguistik, atau semiologi yang lebih meluas dan spesifik. Inilah buku pembuka bagi siapa pun yang berharap ingin memahami elemen-elemen esensial ini. Buku ini penting bagi mahasiswa sastra dan cultural studies.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR v

DAFTAR ISI xi

I BAHASA (LANGUE)

DAN TUTURAN (PAROLE) 1

I.1. Dalam Linguistik 1

I.2. Prospek Semiologi 14

II PENANDA DAN PETANDA 27

II.1. Tanda 27

II.2. Petanda 36

II.3. Penanda 42

II.4. Penandaan 43

II.5. Nilai 50

III SINTAGMA DAN SISTEM 55

III.1. Dua Poros Bahasa 55

III.2. Sintagma 60

III.3. Sistem 71

IV DENOTASI DAN KONOTASI 91

IV.1. Sistem Berlapis 91

IV.2. Konotasi 93

IV.3. Metabahasa 94

IV.4. Konotasi dan Metabahasa 96

KESIMPULAN: PENELITIAN SEMIOLOGIS 99

BIBLIOGRAFI 109

BIBLIOGRAFI PILIHAN 112

INDEKS 113

Berat0.2 kg
Dimensi14 x 21 cm
ISBN

978-602-8252-80-5

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

xii + 120

Penerbit

Penerjemah

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Elemen-Elemen Semiologi”

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.