Berbelanja dengan Gembira

Kerancuan Filsafat : Sanggahan Al Ghazali

Oleh: ,

Rp 95.000 Rp 85.500

“Setelah melihat nadi kebodohan berdenyut dalam diri orang-orang bodoh itu, saya merasa penting untuk menulis buku ini sebagai sanggahan atas para filosof terdahulu. Serta eksplorasi atas kerancuan dalam keyakinan berikut inkonsistensi berbagai teori mereka dalam persoalan yang terkait dengan metafisika. Buku ini juga akan menyingkap relung-relung terdalam dari elemen pemikiran mereka yang dapat mewujudkan suka cita kaum intelektual dan memberikan pelajaran pada para cendikiawan. Yang saya maksud di sini adalah persoalan-persoalan akidah dan pendapat-pendapat yang menjadi medan perdebatan dengan kelompok mayoritas umat islam.” -Imam al-Ghazzalli

Stok 3

Kerancuan Filsafat – Al-Ghazali (c.1056–1111) adalah salah satu filsuf paling terkemuka dan berpengaruh, teolog, ahli hukum, dan mistikus Islam Sunni. Dia aktif pada saat teologi Sunni baru saja melewati konsolidasi. Saat itu memasuki periode tantangan intens dari teologi Syiah dan tradisi Arab filsafat Aristoteles (falsafa). Al-Ghazalî memahami pentingnya falsafa dan mengembangkan respons kompleks yang menolak dan mengutuk sebagian dari ajarannya. Sementara itu juga memungkinkannya untuk menerima dan menerapkan yang lain.

Kritik Al-Ghazali atas dua puluh posisi falsafa dalam buku Kerancuan Filsafat (Tahâfut al-falâsifa) adalah tonggak penting dalam sejarah filsafat karena ia memajukan kritik nominalis ilmu pengetahuan Aristoteles yang dikembangkan kemudian pada abad ke-14 di Eropa. Melalui karya monumentalnya ini, Al-Gazali telah menelanjangi kerancuan dari pemikiran para filsuf.

Demi memuluskan ‘ambisi’-nya itu, al-Gazali masuk ke dalam gelanggang filsafat dan langsung menyerang, alih-alih mempertahankan keyakinan sendiri. Diakui atau tidak, cengkeraman ‘kutukan’ al-Gazali terhadap filsafat lewat karyanya ini begitu ‘menggurita’. Meski demikian, justru―yang kemudian dibantah oleh Ibnu Rusyd melalui Tahafut at-Tahafut― ini telah menjadi diskursus filsafat di dunia Islam menjadi semakin sehat dan penuh gairah, hingga saat ini.

 

Berat0.6 kg
Dimensi14 × 20 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

ixxxii+372

Penerbit

Penerjemah

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Kerancuan Filsafat : Sanggahan Al Ghazali”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.