Berbelanja dengan Gembira

Kiat Sukses Hancur Lebur : Novel Martin Suryajaya

Oleh: ,

Rp 55.000 Rp 50.000

Kiat Sukses Hancur Lebur adalah novel debut Martin Suryajaya yang bakal membuatmu merasa seluruh hidupmu sebelum memegang buku ini baik-baik belaka.

Kiat Sukses Hancur Lebur – “Percayakah kamu kalau kubilang saat ini pukul empat sore di matahari?”

Seorang kritikus bernama Andi Lukito menerima naskah Kiat Sukses Hancur lebur. Naskah semacam novel itu karya Anto Labil, S.Fil., salah seorang anggota “tujuh pendekar kere.” Sebuah persekutuan sastra radikal decade 90-an yang aktif di Kota Semarang. Anto Labil adalah anggota kelompok Tujuh Pendekar Kere yang, sebagaimana namanya, beranggotakan orang dari latar belakang ekonomi yang susah. Kelompok ini aktif pada senjakala Orde Baru. Dalam keadaan ini, mereka berpandangan bahwa usaha kelompok-kelompok seniman kerakyatan untuk menghidupkan estetika LEKRA adalah sesuatu yang sia-sia. Karena kenyataan yang ada pada masa itu jauh lebih pelik daripada zaman LEKRA-Manikebu. Perlu ada suatu pendekatan baru dalam mengungkapkan ketertindasan dan perlu ada suatu gugatan atas estetika yang telah mapan di Indonesia. Pandangan umum kelompok ini berpengaruh pada ucapan, pikiran, dan tindakan Anto Labil.

Naskah yang ditulis dengan gaya bahasa seorang pemabuk yang hampir pingsan. Itu membuat Andi merasa tidak pernah cukup meneguk zat asam saat menyuntingnya. Dengan simpati yang meluap-luap Anto Labil membabarkan sekian perkara: apa itu business, kegunaan manajemen bisnis, dasar-dasar akuntansi garda depan, kisi-kisi ujian masuk CPNS, etika hidup (dan bunuh diri yang baik), dan masih banyak lagi. Di satu bagian, Anto bercerita bagaimana penampakan lele—hewan air sahabat terbaik para perenung—di Sendangmulyo mengilhami lahirnya lagu legendaris “Perdamaian” dari grup kasidah Nasida Ria Safari.

Kiat Sukses Hancur Lebur adalah novel debut Martin Suryajaya yang bakal membuatmu merasa seluruh hidupmu sebelum memegang buku ini baik-baik belaka.

Berat0.3 kg
Dimensi14 × 21 cm
Desain Sampul

ISBN

978-979-1079-54-9

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

216

Penerbit

Penyunting

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Kiat Sukses Hancur Lebur : Novel Martin Suryajaya”

Kategori: , Oleh: ,

Anda mungkin juga suka…

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.