Berbelanja dengan Gembira

Obituari Sebutir Telur, Seekor Ayam dan Babi

Oleh: ,

Rp 70.000 Rp 63.000

Obituari Sebutir Telur, Seekor Ayam dan Babi adalah cerpen-cerpen yang diolah dari mitos-mitos yang beredar di Lamaholot, Flores. Cerita-cerita yang merupakan sarana menyampaikan kegelisahan penulis, sekaligus mengingat segala mitos masa kecil sebagai sesuatu yang terikat dengan manusia didalamnya

Stok 3

Obituari Sebutir Telur, Seekor Ayam dan Babi  – Cerpen-cerpen ini saya olah dari mitos-mitos yang beredar di daerah tempat saya tinggal, Lamaholot, Flores. Saya anggap sebagai wahana untuk menyampaikan kegelisahan saya yang jauh lebih besar. Mitos-mitos itu saya kawin-kaitkan dengan Alkitab sehingga terkesan punya dasar bahwa segala yang ada di sekitar kita. Saya mengutip teks Alkitab di sana-sini untuk menambal-sulam bagian-bagian tertentu, bukan bermaksud mengultuskan cerpen-cerpen agar terkesan punya wibawa dan mengandung nilai-nilai kesucian dan keluhuran. Sekali Iagi, saya ingin katakan bahwa saya menulis karena memang ingin menghasilkan sebuah karya.

Maka, saya dengan sadar menyusun semacam benang merah agar cerpen-cerpen ini masih berada pada satu jalur tema. Buku ini bisa juga dibaca sebagai novel. Dan, saya dengan senang hati menerima bila pada akhirnya ada klaim yang mengatakan bahwa ini bukan kumpulan cerpen tetapi lebih merupakan novel.

Jika kemudian ada yang mengatakan bahwa saya sedang menggugat entitas superior–entitas Keilahian. Saya dengan tegas katakan bahwa ketika menulis cerpen ini iman saya makin kuat. Cerpen-cerpen ini seakan menjadi penghubung yang bersifat vertikal–hubungan dengan entitas superior. Dan bersifat horizontal–hubungan dengan sesama.

Melalui cerpen-cerpen ini sebetulnya saya sedang mengarahkan pandangan untuk melihat hubungan kausalitas antara imanensi dan trasendensi, antara yang profan dan yang sakral. Sebagai bagian dari upaya saya menerjemahkan sesuatu yang jauh menjadi dekat. bahkan sangat dekat dengan keseharian. Kesemuanya akan bermuara pada satu opini yakni la yang diyakini sebagai entitas superior (Tuhan), tercitrakan dalam kehidupan manusia.

Jemmy Piran

Berat0.4 kg
Desain Sampul

Jenis Sampul

ISBN

978-602-5783-36-4

Jumlah Halaman

332

Penerbit

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Obituari Sebutir Telur, Seekor Ayam dan Babi”

Kategori: , , Oleh: ,
Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.