Berbelanja dengan Gembira

Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan

Oleh: ,

Rp 145.000 Rp 123.250

Karya tentang pemberontakan PKI di Madiun ini dianyam demikian rupa seakan-akan kita membaca sebuah novel sejarah dramatis yang menegangkan. Tapi penulisnya cukup hati-hati untuk tetap bersikap objektif dalam analisisnya hingga fakta sebagai “suatu yang suci” dalam bangunan sejarah tetap ditempatkan dalam posisi yang terhormat.
(Ahmad Syafii Maarif, Sejarawan)

Stok 3

Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan / Soe Hok Gie

 

Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan bercerita tentang  Madiun 1948. Ketika itu PKI di bawah pimpinan Musso melakukan pemberontakan hebat. Ini kali kedua PKI melakukan perlawanan bersenjata setelah apa yang mereka lakukan pada 1926. Akibat pemberontakan tersebut, ribuan jiwa melayang. Mereka bukan saja rakyat yang tidak berdosa, melainkan juga para pelakunya.

Peristiwa yang kemudian disebut sebagai Madiun Affair ini ternyata sangat menarik perhatian Soe Hok Gie. Lewat serangkaian penelitian, Soe Hok Gie mencoba mencari akar persoalan penyebab terjadinya peristiwa tragis ini. Dan lewat buku inilah Soe Hok Gie memberikan gambaran yang jelas dari pertanyaan-pertanyaan tentang fakta sejarah yang selama ini menjadi lembaran hitam bagi bangsa Indonesia.

Apa sebenarnya yang melatar belakangi pemberontakan PKI Madiun? Siapa sebenarnya Muso, orang yang dikader oleh H.O.S. Tjokroaminoto? Betulkah ini hanya persoalan ideologi semata dan bukan persoalan sosial pada saat itu?

Berat0.3 kg
Dimensi12 x 20 cm
Desain Sampul

ISBN

978-979-9471-27-7

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

360

Penerbit

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.