Berbelanja dengan Gembira

Percakapan dengan Semesta: Berbincang Jagat Raya

Oleh: ,

Rp 55.000 Rp 50.000

Percakapan dengan Semesta: Berbincang Jagat Raya

Kita memang tak ingat lagi kapan persisnya percakapan dengan semesta itu dimulai. Yang kirta tahu, percakapan itu berhubungan langsung dengan evolusi dan dorongan untuk bertahan hidup di tengah lingkungan yang kompleks, dengan sumber daya yang kadang kering kerontang. Percakapan itu jelas sudah berdenyut ketika leluhur kita mulai memimpikan dan menggambarkan makhluk lain di dinding padas, ketika mereka mulai bisa berdiri tegak mendongak, menerawang bintang saat makhluk-makhluk lain hanya bisa merunduk-runduk bahkan melata menyusuri lendir-lendir prasejarah.

Percakapan dengan Semesta merupakan naskah pidato kebudayaan DKJ tahun 2015. Esai di awali oleh kisah Karaeng Pattingalloang, seorang perdana menteri Kerajaan Makassar yang memesan bola dunia terbesar saat itu–abad ke 16. Cerita kemudian bergulir dari pandangan penulis terhadap gairah dan perkembangan ilmu pengetahuan yang saat itu masih terbatas, diantaranya adalah perbandingan antara otak Barat (pencapain sains dan budaya yang dicapai oleh kebudayaan Eropa), dan otak manusia Nusantara.

Esai ini membahas hubungan manusia dengan ilmu pengetahuan. Istilah percakapan dengan semesta yang disebutkan oleh penulis merupakan upaya manusia untuk mencari dan mencari tahu tentang semesta. Manusia mencari maka semesta memberikan jawaban. Hingga, Bagaimana manusia menyortir dan menyunting sebuah informasi untuk menjadi informasi yang dicerna manusia dengan mudah. serta, Bagaimana keterbukaan informasi memengaruhi kemajuan teknologi dan sains.

Berat0.2 kg
Dimensi12 x 18 cm
Desain Sampul

ISBN

978-602-74549-3-4

Penerbit

Jumlah Halaman

126

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Percakapan dengan Semesta: Berbincang Jagat Raya”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.