Berbelanja dengan Gembira

Perempuan Pala : Kisah-Kisah dari Aceh

Oleh: ,

Rp 38.000

Kisah-kisah fiksi Azhari menunjukan bahwa situasi abnormal, fakta sejarah yang sederhana dapat diceritakan sedemikian rupa yang menghantarkan penderitaan tak bisa lagi dikenali,meski tokoh-tokoh dalam ceritanya menanggung derita. Azhari menggambarkan satu keadaan politik tempat kekerasan itu tumbuh dan gagal membuahkan otoritas.

Perempuan Pala / Azhari Aiyub

 

Peristiwa masa lalu menjadi tema dasar kumpulan cerpen ini. Dikelilingi oleh teror sebuah kekuasaan mau tidak mau menghasilkan dendam yang kadang harus dibalaskan atau mengendap saja entah karena alasan apa. Teror di sini dirasakan oleh kedua pihak dengan tujuan yang siapa tahu untuk apa. Dualitas inilah yang menjadi satu kesatuan dalam tiap cerita pendek. Mungkin ini juga yang terjadi di Aceh.

Ada yang disembunyikan rapat-rapat atau didongengkan dengan terang di baris-baris cerita. Tentang kehilangan, air mata, rasa takut, dan kesedihan yang terjadi di Aceh. Gunung-gunung, jejak lelaki yang menghilang, ibu yang berjuang, dan kecamuk-kecamuk lainnya diceritakan dengan begitu apik. Balutan bahasa dan dongeng-dongeng Aceh menambah aroma sedap dari kisah yang dihadirkan.

Azhari Aiyub dilahirkan di pinggir Banda Aceh, 5 Oktober 1981. Pernah kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Tahun 1999, ia meraih penghargaan cerpenis terbaik se-Aceh pada 1999, versi Taman Budaya Aceh. Kemudian pada 2003, ia mendapat penghargaan sebagai cerpenis terbaik se-Indonesia, versi Departeman Pendidikan Nasional, lewat puisinya ‘Dibalut Lumut’.  Saat ini, menghabiskan sebagian besar waktunya untuk Komunitas Tikar Pandan, sebuah lembaga yang fokus pada gerakan kebudayaan untuk Aceh.

Berat0.25 kg
Dimensi13 x 20 cm
Desain Sampul

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

152

Penerbit

Penyunting

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Perempuan Pala : Kisah-Kisah dari Aceh”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.