Berbelanja dengan Gembira

Risalah Ibnu Fadhlan: Narasi Ekspedisi Islam

Oleh: , ,

Rp 68.000 Rp 61.200

Stok 5

Risalah Ibnu Fadhlan: Narasi Ekspedisi Islam

Sejak kemunculannya, tampaknya masyarakat Arab secara alami terlahir sebagai bangsa yang gemar berpetualang. Dari berbagai dokumen sejarah, kita bisa mencecap dokumentasi kisah perjalanan dari para traveler Muslim seperti Ibnu Battuta, Al-Idrisi, Ibnu Fadhlan, dan Ibnu Jabir yang telah menjelajah ke berbagai pelosok dunia.

Selain berguna bagi kemanusiaan, tak dapat dipungkiri bahwa dokumentasi perjalanan itu juga telah menjadi referensi penting dalam upaya untuk meguak berbagai kawasan dunia yang belum banyak terungkap.

Buku Risalah Ibnu Fadhlan karya Ahmad Ibnu Fadhlan ini adalah dokumentasi perjalanan ekspedisinya ke wilayah Rusia atas perintah dari Khalifah Al-Muqtadir Billah-para sejarawan menyebutkan bahwa al-Muqtadir Billah adalah Ja’far bin al-Khalifah al Mu’tadhid–dalam kurun waktu selama tiga tahun pada tahun 921 M.

Dalam buku ini, Ibnu Fadhlan memberikan laporan yang sangat menarik tentang keadaan daerah yang dilewatinya, meliputi gambaran geografi wilayah, kondisi sosial masyarakat, agama dan kepercayaannya, hingga bentuk badan atau wajah bangsa yang dijumpai.

Penjelasan Ibnu Fadhlan bukan hanya menarik bagi orang-orang yang membacanya pada masa itu, tetapi juga para peneliti dan pembaca yang hidup di zaman sekarang ini. Maka tidak heran jika keakuratan catatan Ibnu Fadhlan ini pun dimanfaatkan oleh Michael Crichton untuk diadaptasi ke dalam sebuah novel berjudul Eaters of The Dead pada tahun 1976 M, yang kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul The 13th Warrior, dengan menjadikan Ibnu Fadhlan sebagai tokoh utama ceritanya.

Berat0.4 kg
Jumlah Halaman

vi + 200 halaman

ISBN

978-602-6556-21-9

Penerbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Risalah Ibnu Fadhlan: Narasi Ekspedisi Islam”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.