Berbelanja dengan Gembira

Sang Pengoceh : Karya Fenomenal Vargas Llosa

Oleh: ,

Rp 90.000 Rp 76.500

Llosa lewat El Hablador, barangkali adalah karya yang paling banyak menimbulkan perdebatan. Puluhan buku dan kajian ilmiah telah ditulis untuk mengurai dan menafsirkan novel tentang benturan antara ekspansi modernitas dan pertahanan hidup masyarakat adat dan pencarian jati diri pribadi, masyarakat, dan arti minoritas dalam sebuah bangsa-bangsa ini.

Sang Pengoceh – Di sebuah galeri kecil di Florence, seorang penulis Peru muncul di atas foto seorang  suku yang jauh di hutan Amazon. Dia diliputi rasa ngeri bahwa dia mengenal pria ini. Bahwa foto orang yang dilihatnya itu bukan orang Indian sama sekali tapi seorang teman lama, Saul Zuratas. Ketika ingatan Zuratas mengalir di benaknya, penulis mulai membayangkan transformasi Zuratas dari seorang masyarakat modern menjadi anggota pusat suku Machiguenga. Menenun misteri identitas, mendongeng, dan kebenaran. Vargas Llosa telah menciptakan kisah memukau tentang perjalanan satu orang dari dunia modern ke asal-usul sebenarnya. Meninggalkan satu demi satu untuk menemukan makna di keduanya.

Llosa lewat El Hablador, barangkali adalah karya yang paling banyak menimbulkan perdebatan. Puluhan buku dan kajian ilmiah telah ditulis untuk mengurai dan menafsirkan novel ini. Novel ini bercerita tentang benturan antara ekspansi modernitas dan pertahanan hidup masyarakat adat dan pencarian jati diri pribadi, masyarakat, dan arti minoritas dalam sebuah bangsa-bangsa ini.

“Beberapa tahun lalu, saat pertama kali membaca novel menakjubkan Mario Vargas Llosa El Habrador, seketika saya merasa berpapasan lagi dengan rongrongan perbandingan. Karena yang terlintas seketika di depan mata saya adalah Tetralogi Buru karya maestro Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Dan sekaligus dalam rentang yang lebih panjang dibarengi oleh novel-novel Spanyol besar karya pahlawan nasionalis Filipina, Jose Rizal. […] Mahakarya nasionalis Amerika/Latin/Spanyol/Peru.” – Benedict Anderson, “El Malhaldado Pais”, The Spectre of Comparisons (1998)

“Apa yang dilakukan Hassan Fathy dalam arsitektur, […], Mario Vargas Llosa dalam novel El Habrador, misalnya, menyentakkan kita bahwa keangkuhan ilmiah tidak benar.” – Nirwan Dewanto, Pidato Kongres Kebudayaan 1991

“Intelek, etik, dan artistic, semuanya sekaligus dan brilian adanya. Bagi saya, inilah buku Vargas Llosa yang paling menarik.” – Ursula K. Le Guin, The New York Times Book Review

“Memikat dan menggugah pikiran… Jalinan rumit komentar politik dengan gaya naratif.” – Minneapolis Star-Tribune

Berat0.4 kg
Dimensi13 x 19 cm
Jenis Sampul

Jumlah Halaman

374

Penerjemah

Penerbit

Penyunting

Tahun Terbit

ISBN

978-602-72536-8-1

Desain Sampul

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Sang Pengoceh : Karya Fenomenal Vargas Llosa”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.