Berbelanja dengan Gembira

Ulid Sebuah Novel Pertama dari Mahfud Ikhwan

Oleh: ,

Rp 100.000 Rp 90.000

Ulid adalah serangkai catatan, kesaksian atas keadaan, pertemuan, kehilangan, dan yang terpenting, perubahan sebuah masyarakat yang ter-TKI-kan.

Stok 2

Ulid – Indonesia tengah 80-an. Di tengah sapuan gelombang pembangunan, Lerok, desa di Pantura Jawa, sepertinya tak masuk hitungan. Terpencil, tak berkembang, penduduknya harus nyaman dengan segala kekurangan.

Tak merasakan hadirnya negara, Lerok menemukan Malaysia. Bukan saja pekerjaan, negeri itu bahkan memberikan harapan. Dengan itu Lerok menggeliat. Rumah dibangun, masjid dipugar, dan barang-barang elektronik dengan menggebu dibeli. Lerok dulu gelap, kini jadi gemerlap. Jalan-jalan dihaluskan. Kendaraan bersliweran.

Namun tak ada perubahan tanpa rasa kehilangan. Satu demi satu, hal-hal yang dulu jadi tanda pengenal Lerok hilang. Jenis-jenis mata pencaharian pergi bersama gelombang migrasi. Kultur tanam hilang seiring terbengkalainya sawah ladang.

Ulid, tokoh kita harus merelakan banyak hal yang dicintainya. Mulai dari kambing kesayangannya, bapaknya.  Lalu teman-teman dekatnya, masa lalunya, pun desa melarat yang dicintainya. mencoba tak menjadi bagian dari arus, Ulid bertahan untuk tidak ikut-ikutan ke Malaysia.

Ia pancang cita-cita mulia: menjadi pemulia tanaman. Masalahnya, apa segampang itu?

Ulid adalah serangkai catatan, kesaksian atas keadaan, pertemuan, kehilangan, dan yang terpenting, perubahan sebuah masyarakat yang ter-TKI-kan.

Buku ini adalah karya fiksi pertama dari Mahfud Ikhwan. Buku yang disebut sebagai Katrin Bandel sebagai karya sastra yang mampu menampilkan kompleksitas yang berbeda yang jarang diangkat dalam sastra Indonesia kebanyakan.

 

 

Berat0.5 kg
Dimensi13 x 21 cm
Desain Sampul

ISBN

978-602-72250-2-2

Jenis Sampul

Jumlah Halaman

xxii+538

Penerbit

Penyunting

Tahun Terbit

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama mengulas “Ulid Sebuah Novel Pertama dari Mahfud Ikhwan”

Memperbarui…
  • Tidak ada produk dalam keranjang.